Sabtu, 05 November 2011

Siapakah yang pertama kali melaksanakan Sholat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya

1) Siapakah yang pertama kali melaksanakan Sholat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya ?

Nabi adam as adalah manusia pertama yang melaksanakan Shalat Shubuh. Beliau adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dan merupakan nenek moyang kita semua. Nabi Adam As selalu beribadah kepada Allah SWT ketika terbit fajar, ia melakukan shalat dua rakaat sebagai tanda syukurnya kepada Allah atas hilangnya kegelapan malam, atas hilangnya kemaksiatan, atas datangnya cahaya siang, dan sebagai wujud permintaan taubatnya.

Nabi Daud As adalah manusia pertama yang mengerjakan Shalat Dzuhur. Kala itu beliau sedang mencari tahu siapakah Tuhan dia yang patut disembahnya, setelah beberapa lama mengamati alam semesta dan seisinya. Pada akhirnya beliau di berikan bukti nyata keberadaan Tuhan dengan diperlihatkannya kebesaran Allah melalui Burung yang pada mulanya Tuhan memerintahkan Nabi Daud untuk menyembelihnya dan memotong burung tersebut menjadi empat bagian, pada setiap bagian Allah menyuruh Nabi Daud untuk meletakan setiap bagian potongan burung tersebut di empat gunung yang berbeda. Singkat cerita, Allah dengan kebesarannya bisa menyatukan kembali bagian potongan burung yang terpisah jauh dan akhirnya burung tersebut hidup kembali. Kemudian Nabi Daud as bertaubat pada waktu tergelincirnya matahari. Beliau mengerjakan shalat sebanyak empat rakaat sebagai tanda syukur atas pemberian ilmu pengetahuan dan hikmah baginya.

Nabi Ibrahim as adalah manusia pertama yang melaksanakan Shalat Ashar. Dengan penuh keimanan, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih anak kesayangan yaitu nabi Ismail as. Pada saat itulah kebesaran Allah muncul dengan mengganti Nabi Ismail dengan seekor kambing sebagai tebusan Agung. Nabi Ibrahim hampir tidak percaya dengan pemandangan yang dilihatnya. Beliau lalu mengerjakan shalat empat rakaat sebagai tanda syukur kepada Allah atas keselamatan anaknya yang bernama Ismail as.

Nabi Isa as adalah manusia pertama yang mengerjakan Shalat Maghrib
Peristiwa tersebut terjadi ketika Allah mengangkat dan menyelamatkannya dari kejahatan bangsa Yahudi setelah tenggelamnya matahari. Lalu beliau melakukan shalat sebanyak tiga rakaat sebagai tanda syukur atas keselamatan yang dianugrahkan baginya dari segala tipu daya musuh. Juga sebagai tanda syukur atas dinaikanya ke langit sehingga terlepas dari berbagai urusan keduniaan.

Nabi Yunus adalah manusia pertama yang mengerjakan Shalat Isya
Peristiwa itu terjadi ketika Allah menyelamatkan beliau dari perut ikan Hiu. Yaitu ketika hilangnya warna merah dari ufuk barat dan bintang-bintang pun telah bergemerlapan di atas langit. Kemudian beliau mengerjakan Shalat Isya sebagai tanda syukur atas keselamatannya dari empat kegelapan, yaitu; pertama, kegelapan malam, kedua, kegelapan awan, ketiga, kegelapan lautan, dan keempat adalah kegelapan di dalam perut Ikan Hiu

Tidak ada komentar:

Domo-kun Staring